Langsung ke konten utama

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi penyakit jantung

Definisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan penyakit yang paling ditakuti di dunia karena dalam waktu sehari ribuan bahkan jutaan orang menghembuskan nafas terakhir nya karena penyakit ini. Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, entah itu orang tua yang sudah lanjut usia atau bahkan anak kecil yang baru lahir dari dalam kandungan. Entah itu seorang pria maupun seorang wanita. Entah orang Asia, Eropa Ataupun orang Australia, semua memiliki resiko yang sama dalam hal penyakit jantung maupu serangan jantung.

Definisi penyakit jantung dengan definisi serangan jantung sendiri tidaklah sama. Yang perlu digaris bawahi adalah bahwa Penyakit jantung merupakan kondisi dimana jantung tidak mampu bekerja dengan maksimal atau bekerja dengan baik, sementara definisi serangan jantung adalah keadaan dimana jantung sama sekali berhenti berfungsi. Serangan jantung terjadi secara mendadak dan memiliki penyebab yang beraeka ragam, kondisi seperti ini sering juga disebut gagal jantung. Terkadang orang yang kelihatan sehat dari luar saja belum tentu terbebas dari garansi serangan jantung, sebagai contoh pemain sepakbola yang notabene memiliki fisik yang selalu terjaga dan selalu berlatih secara teratur, namun nyata nya tidak jarang yang meninggal dunia di lapangan karena serangan jantung. Penyebab utama serangan jantung sebagian besar karena suplai darah dalam otot yang ada pada jantung terhambat, sehingga pembuluh darah yang biasanya bertugas mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh juga ikut tersumbat, lalu mengeras, itu bisa saja terjadi karena kelebihan lemak dan juga kolesterol dalam darah yang tinggi, atau  juga bisa terjadi karena penggunaan obat yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) secara berlebih. Zat ini banyak ditemui pada obat-obatan generik seperti Decolgen. (sumber:wikipedia). Penyakit Jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena terkadang orang yang menderita penyakit jantung saja tidak tahu apa yang sedang terjadi di tubuh nya, untuk itu hendak nya kita selalu berusaha menjaga dan merawat jantung kita sebelum terlambat.

Jenis - jenis Penyakit Jantung

Dalam dunia medis, penyakit jantung di golongkan menjadi dua macam, yang pertama adalah penyakit jantung Koroner dan penyakit jantung Genetik. 
  1. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang diakibatkan karena adanya penyempitan pada pembuluh darah yang ada di jantung. 
  2. Penyakit jantung genetik merupakan penyakit jantung yang terjadi karena faktor genetika atau turunan dari keluarga.
Belum tentu orang yang menderita penyakit jantung selalu mengalami serangan jantung, karena serangan jantung mendadak bahkan bisa menyerang siapa saja. Seperti yang telah djelaskan diatas, definisi serangan jantung adalah terjadinya kerusakan pada otot-otot jantung sehingga terjadi penyumbatan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Meskipun hal ini terjadi dalam waktu yang relatif sekejap namun mampu merusk sel-sel vital dalam tubuh.

Gejala Penyakit Jantung

Penderita penyakit jantung biasanya memiliki gejala-gejala yang spesifik, gejala penyakit jantung spesifik yang biasa dialami oleh penderitanya antara lain: 
1. Rasa nyeri pada nyeri bagian dada ataupun seluruh tubuh yang terjadi karena peredaran darah tidak lancar.
2. Rasa sesak yang terjadi karena masuk nya cairan ke rongga paru-paru akibat dari fungsi jantung yang tidak berjalan dengan baik.
3. Sering merasa lelah karena jantung tidak bekerja dengan efektif dalam memompa darah ke seluruh tubuh.
4. Sering Jantung berdebar-debar
5. Sering merasa pusing bahkan pingsan

Pencegahan Penyakit Jantung

Penyakit jantung koroner mungkin masih bisa dicegah, namun untuk penyakit jantung genetik belum diketahui cara pencegahannya. Penyakit jantung kororner dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan merawat jantung kita dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa hal yang mungkin dapat dilakukan guna mencegah penyakit jantung koroner antara lain:

1. Mengurangi makanan berkolesterol tinggi
2. Hindari merokok
3. Jangan sering merasa stress
4. Berolahraga dengan teratur
5. Mengkonsumsi makanan yang ber antioksidan tinggi
6. Menjaga berat badan (Hindari Obesitas)

Demikianlah artikel terbaru kami mengenai Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya ini, semoga bermanfaat. Ayo jaga jantung kita tetap sehat dengan cara-cara diatas. Sekian dari kami, banyak salah kata kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Komentar

  1. sehat adalah modal utama, sehat itu mahal maka dengan sepantasnya kita menjaganya. banyak penyakit-penyakit yang mematikan seiring dengen perkembangan zaman. bisa kita lihat beberapa tips kesehatan di ilmu kedokteran

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak informasinya.. sangat membantu sekali...

    http://acemaxsshop.com/obat-herbal-jantung-koroner/

    BalasHapus
  3. Yang namanya penyakit jantung pasti sangat mengkhawatirkan.
    Penyakit jantung koroner dan stroke adalah penyakit yang sangat mematikan di indonesia, kita harus waspada. [-(
    Kalau aku minum Susu Kambing setiap hari, Alhamdulillah jantungku sehat-sehat aja.
    Makasih infonya..

    BalasHapus
  4. artikelnya menarik dan mudah di pahami oleh para pembaca, serta bermanfaat bagi yang lagi cari artikel seperti ini,thanks penulis.di klik juga ya Artikel kesehatan terbaru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…