Langsung ke konten utama

Cara Mengetahui dan Mengobati Gejala Penyakit Pneumonia

Penyakit Pneumonia

Infeksi paru-paru atau yang sering dikenal dengan istilah Pneumonia merupakan infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit Pneumonia ini dapat menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak, remaja hingga orang tua dapat terkena Pneumonia. Pada kasus penderita Pneumonia, bakteri atau virus yang menyerang dapat menginfeksi salah satu organ paru-paru atau bahkan kedua organ paru-paru. Ketika seseorang terkena flu, bisa saja itu merupakan penyebab awal terinfeksi bakteri atau virus penyebab Pneumonia akibat adanya iritasi pada paru-paru yang ditimbulkan oleh flu.

Gejala Penyakit Pneumonia Dalam Tubuh Manusia
Pneumonia
Sebagai organ penting, paru-paru berperan dalam system pernapasan sebagai penyaring oksigen yang dihirup. Setelah disaring, oksigen tersebut diedarkan ke seluruh bagian tubuh bersama dengan aliran darah melalui alveolus. Pada penderita Pneumonia, kadar oksigen yang diedarkan ke seluruh tubuh akan rendah dibandingkan orang normal karena fungsi dari alveolus mereka mengalami gangguan akibat terkena virus atau  bakteri sehingga oksigen kesulitan menembus paru-paru.

Tingkat kerusakan yang disebabkan oleh Penyakit Pneumonia ini tergantung dari kesehatan penderitanya. Apabila disebabkan oleh bakteri, maka penderita akan merasakan demam dengan suhu tubuh tinggi disertai dengan menggigil. Berbeda halnya dengan penderita Pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus, pada kasus ini virus akan berkembang secara lambat dan butuh waktu lama untuk mengusir virus tersebut dari tubuh penderita. Apabila disebabkan oleh virus, penderita akan mengalami sakit kepala, sakit pada bagian dada, batuk dan sakit pada otot. Dengan demikian, penderita akan kesulitan bernapas, bernapas dengan frekuensi cepat yang menyebabkan penderita batuk dan mengeluarkan lendir.

Gejala Pneumonia

Ketika seseorang mengalami flu kemudian merasakan gejala-gejala seperti yang telah diutarakan di atas, maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Apabila pada waktu diperiksa doter menggunakan stetoskop terdengar suara seperti berderak atau gelembung pada bagian paru-paru, maka dapat diindikasikan bahwa orang tersebut terkena Gejala Pneumonia. Selain menggunakan stetoskop, hasil rontgen pada bagian dada juga memberikan kontribusi penting dalam mendeteksi penyakit tersebut. Dari hasil rontgen tersebut, dokter dapat mengetahui apakah penderita terkena Pneumonia disebabkan oleh bakteri atau virus dengan melihat daerah putih yang merata pada paru-paru sebagai tanda adanya penumpukan cairan.

Mengobati Penyakit Pneumonia

Penderita Pneumonia dapat sembuh total apabila mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Apabila infeksi disebabkan oleh bakteri, maka penderita akan diberikan resep antibiotik. Sedangkan cara mengobati penyakit pneumonia pada penderita Pneumonia yang disebabkan oleh virus, maka dokter akan memberikan obat penurun demam dan batuk karena antibiotik tidak bekerja pada kasus ini.

Bagi seseorang yang sudah terlanjur terserang Pneumonia hendaknya senantiasa mencuci tangan secara teratur untuk mencegah masuknya kuman berbahaya agar tidak memperparah keadaan. Selain itu, penderita juga harus beristirahat dengan cukup untuk menguatkan system kekebalan tubuh.

Demikianlah yang dapat Kami sampaikan mengenai Cara Mengetahui dan Mengobati Gejala Penyakit Pneumonia ini, semoga artikel yang masih penuh dengan kekurangan ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membaca, khususnya bagi Anda yang sedang mencari referensi terkait penyakit Pneumonia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…