Langsung ke konten utama

Diet untuk Penderita Diabetes


Menu Diet Untuk Penderita Diabetes
Diet untuk Penderita Diabetes
Bagi anda para pecinta daging, berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya, pasalnya konsumsi daging secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terserang Diabetes. Penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health diperoleh bahwa konsumsi daging merah sebanyak 50gram per hari akan meningkatkan resiko terkena diabetes. Risiko yang diperoleh sebesar 51% dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi daging merah. Itu berarti dalam menentukan diet diabetes harus hati-hati dan mengetahui porsi diet yang tepat. 
Adapun yang perlu diperhatikan dalam melakukan diet diabetes adalah sebagai berikut:
·         Menentukan Menu Diet untuk Penderita Diabetes
Bagi sebagian orang yang memiliki cukup uang tentu akan lebih memilih untuk menyewa jasa ahli gizi mengenai program diet diabetes, akan tetapi bagi anda yang ingin lebih berhemat tidaka ada salahnya mencoba mengikuti menu diet diabetes sebagai berikut:
Pertama, mengganti nasi dengan karbohidrat serat seperti gandum utuh, roti, tepung whole wheat, beras merah, kentang dan sereal.
Kedua, mengkonsumsi sayuran segar kaya akan serat juga merupakan ide bagus dalam diet diabetes yang anda lakukan seperi sayur kol, selada, dan mentimun. Perlu diingat dalam mengkonsumsi sayuran tidak perlu ditambahi bumbu pendamping agar tetap alami dan jauh lebih sehat.
Ketiga, konsumsi buah-buahan juga tidak kalah penting dalam diet diabetes. Adapun buah yang baik dikonsumsi seperti jeruk, buah berry, tomat dan buah lainnya yang banyak mengandung proxeronin seperti buah Noni karena mampu memperbaiki kinerja pankreas dan memproduksi insulin.
Keempat, para penderita diabetes bukan tidak boleh mengkonsumsi protein sama sekali, hanya saja yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi protein adalah yang berasal dari daging ayam tanpa kulit, sirloin, tahu, kacang kedelai, dan ikan panggang. Sebisa mungkin juga menghindari makanan kalengan demi menunjang diet yang anda lakukan.
Kelima, diusahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan dengan tingkat sodium tinggi untuk melindungi ginjal dan mengurangi risiko darah tinggi. Sebab diabetes merupakan penyakit yang dapat menimbulkan komplikasi pada penderitanya.
·         Berjemur dan Olahraga
Seperti yang kita ketahui penyebab diabetes adalah berkurangnya kemampuan tubuh kita dalam memproduksi insulin. Berjemur yang dimaksud dalam menunjang diet diabetes ini adalah berjemur pada pagi hari, dimana sinar matahari memberikan pro-vitamin D yang akan diserap tubuh dan diubah menjadi vitamin D untuk membantu meningkatkan fungsi sel-sel yang memproduksi insulin.
Sedangkan tujuan dari olahraga sendiri pada menu diet diabetes merupakan sarana untuk menjaga kondisi fisik agar berat badan tetap terkendali. Artinya, ketika kita memiliki berat badan di atas normal atau kelebihan berat badan maka kadar gula dalam darah akan semakin tinggi sehingga akan membahayakan bagi penderita diabetes. Selain untuk menjaga berat badan, olahraga juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh agar tetap dapat beraktivitas seperti biasanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…