Langsung ke konten utama

Hipoglikemia Atau Penyakit Gula Darah Rendah

Gula darah rendah atau yang sering dikenal dengan istilah Hipoglikemia merupakan lawan dari Hiperglisemia. Gangguan kesehatan yang ditandai dengan kadar gula rendah ini adalah suatu kondisi yang tidak bisa didiamkan begitu saja. Gula darah yang rendah sama bahayanya dengan gula darah tinggi (Hiperglisemia). Untuk itu kita harus menjaga agar kadar gula dalam tubuh kita tetap seimbang.

Hipoglikemia atau gula darah rendah adalah keadaan dimana kadar gula dalam darah berada di bawah batas normal. Kadar gula dalam darah seharusnya berada pada kisaran 70 - 110 mg/dl. Jika kadar gula dalam darah seseorang berada dibawah angka tersebut bisa jadi seseorang tersebut mengalami hipoglikemia.
Hipoglikemia Atau Penyakit Gula Darah Rendah
Kadar gula dalam darah

Gejala Hipoglikemia

Selain dengan melihat angka kadar gula dalam darah diatas, tentunya Hipoglikemia juga memiliki gejala-gejala yang spesifik dan sering dialami oleh penderitanya. Penderita hipoglikemia yang masih tergolong ringan hingga medium sering mengalami gejala seperti: pandangan tidak jelas/kabur, sering merasa mual, kedinginan/menggigil, sakit di kepala, berkeringat dingin, cepat merasa lapar, bingung dan mudah cemas sera detak jantung yang cenderung berdebar-debar. Sementara itu, penderia Hipoglikemia yang telah parah terkadang mengalami gejala seperti : pingsan, kejang-kejang, koma/tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama dan bahkan dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan cepat.

Penyebab Hipoglikemia

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyakit Hipoglikemia atau gula darah rendah ini, sepertinya kita juga harus mengetahui apa saja penyebab dari kondisi ini. Dengan mengetahui penyebabnya, kita juga dapat berusaha dan mencegah agar tidak terjadi Hipoglikemia dalam tubuh kita. Penyebab Hipoglikemia antara lain:
  1. Sering melewatkan waktu makan dapat mengakibatkan kadar gula darah menjadi rendah karena dalam makanan yang kita nikmati seharusnya terkandung nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, selain itu makanan yang mengandung glukosa juga sangat dibutuhkan dalam metaolisme tubuh, untuk itu aturlah waktu sebaik mungkin untuk makan baik pagi, siang maupun malam hari.
  2. Memakan makanan yang hanya mengandung banyak karbohidrat, karbohidrat sebenarnya merupakan sumber gula dalam darah yang sangat cepat dicerna oleh tubuh. namun demikian, glukosa dari karbohidrat juga dengan cepat digunakan dalam proses metabolisme tubuh sehingga tidak bertahan lama sementara jumlah insulin yang dipompa kedalam darah menjadi lebih banyak. Ketika glukosa dalam tubuh digunakan untuk metabolisme secara cepat, kadar gula dalam darah akan menurun.
  3. Stres, sepertinya stress tidak memiliki akibat apa-apa dalam darah bukan? namun sebenarnya stress dapat memicu permasalahan yang lebih kopleks dalam tubuh. Salah satu nya adalah menyebabkan kondisi Hipoglikemia ini. pada saat seseorang stres, dalam tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat menyerap gula dalam darah, hormon ini tidak seharusnya bekerja dan mengakibatkan insulin berperan membantu keseimbangan tubuh dengan cara menyimpan gula sebagai lemak. Namun sayangnya, insulin yang terlalu banyak juga dapat mengakibatkan hipoglikemia.

Cara mengobati Hipoglikemia

Inilah yang kita tunggu, mungkin banyak dari pembaca artikel ini memang mencari cara untuk mengobati Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan dengan segera sebelum Anda memeriksakan ke dokter atau ketika dalam masa pemulihan akibat Hipoglikemia. Cara mengobati Hipoglikemia adalah sebagai berikut:
  1. Kurangi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu banyak.
  2. Jangan mengkonsumsi alkohol/soda
  3. Atur waktu makan dan dimulai dengan porsi kecil hingga sedang karena porsi makan dan waktu makan yang teratur dipercaya mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.
  4. Banyak memakan makanan yang mengandung serat alami
  5.  Minum susu karena susu dapa meningkatkan kadar gula dalam darah secara cepat
  6. Olahraga ringan, dan jangan terlalu berat
  7. Beristirahatlah dengan teratur.
Itulah sedikit mengenai Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah, gejala-gejala yang dialami penderita Hipoglikemia, penyebab Hipoglikemia dan juga cara mengobati Hipoglikemia yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat. Kami sadar dalam menuliskan mengenai Hipoglikemia masih terdapat banyak sekali kesalahan untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Makasih ya informasinya. Jadi bisa mengerakan tugas. Sangat bermanfaat. :))

    ririnulphabrigita.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak atas informasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…