Langsung ke konten utama

Penyakit Liver (Hati) dan Kaitan nya Dengan Daun Kemangi


Penyakit liver atau yang sering disebut dengan penyakit hati (dalam arti sebenarnya) adalah salah satu penyakit metabolik degeneratif yang masih menjadi masalah kesehatan dunia. World Healt Organization (WHO) menyebutkan sekitar sepertiga dari jumlah penduduk dunia atau sekitar 2 trilyun orang mengidap penyakit hati dengan angka kematian mencapai 1 juta jiwa seperti yang dikabarkan oleh Reuters pada tahun 2011. Namun kenyataanya perkembangan pengobatan penyakit hati masih sering menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.
Liver
Gangguan hati selain dapat disebabkan oleh infeksi mikroorganisme, penyakit keturunan dan metabolik, obat, toksin, dan penyebab lain. Berbagai obat dan makanan dapat sebagai zat yang toksik dan menyebabkan kerusakan sel hati. Gangguan hati oleh karena obat-obatan ini biasanya merupakan toksik langsung yang tergantung pada masing-masing individu (Akbar, 2007).

Salah satu obat yang dapat menyebabkan kelainan hati adalah asetaminofen atau parasetamol, merupakan obat analgetik-antipiretik yang dikenal luas di masyarakat dan dikenal sebagai obat bebas atau Over the Counter Drug (OTC) dan dapat diperoleh mudah di toko obat maupun apotek tanpa resep dokter. Karena mudahnya didapat, risiko untuk terjadinya penyalahgunaan parasetamol menjadi lebih besar (Hidayat, 2007).

Kerusakan hati akibat parasetamol disebabkan oleh proses stres oksidatif metabolik NAPQI yang sangat reaktif berikatan secara kovalen dengan makromolekul vital sel hati. Kerusakan yang timbul berupa nekrosis sentrilobularis (Wilmana dan Gan, 2007). Enzim yang berhubungan dengan kerusakan hati yaitu aminotransferase dan oksidoreduktase. Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT) adalah enzim aminotransferase yang normalnya terdapat di jaringan tubuh terutama di hati. Kadar SGPT dalam darah akan meningkat pada kerusakan hati akibat parasetamol (Sacher and Mc Person, 2004).

Konsumsi makanan kaya antioksidan dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh stres oksidatif dan inflamasi. Antioksidan juga berperan penting dalam menghambat dan menetralkan radikal bebas seperti yang telah disampaikan oleh Rajkapoor et al., 2008. Selain itu, antioksidan mampu menghalangi proses oksidatif serta menetralkan radikal bebas untuk mencegah berbagai penyakit degeneratif dalam tubuh manusia (Agustina dan Ahmad, 2003). 

Dari berbagai jenis tanaman obat yang diketahui mengandung antioksidan, silymarin merupakan obat herbal yang memiliki efek protektif dan kuratif terhadap hepar (Biogenic Stimulant Inc., 2006). Silymarin telah digunakan sejak dulu untuk mengobati penyakit liver. Efek hepatoprotektornya telah diketahui sejak ratusan tahun yang lalu (Wu et al., 2008).

Selain silymarin, yang menarik perhatian penulis adalah Ocimum sanctum atau yang biasa dikenal dengan daun kemangi. Daun kemangi yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai bahan pelengkap lalapan di berbagai warung makan. Selain itu, karena baunya yang harum, kemangi lebih sering digunakan untuk mencuci tangan. Senyawa antioksidan yang terkandung dalam Ocimum sanctum berupa senyawa fenolik (tokoferol, flavonoid, asam fenolat), senyawa nitrogen (alkaloid, turunan klorofil, asam amino, dan amina), dan beta karotene (Hidayati, 2008).

Sehingga dari uraian diatas dimungkinkan Daun Kemangi memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Termasuk untuk mengobati penyakit-penyakit degeneratif seperti liver dan lain sebagai nya pada tubuh manusia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…