Langsung ke konten utama

Penyakit Tifus dan Gejalanya


Penyakit Tifus atau yang biasa dikenal orang dengan sebutan Tipes merupakan penyakit yang sukar dideteksi. Sehingga banyak diantara penderita tifus atau tipes yang terlambat mendapat pertolongan dan akan menyebabkan komplikasi seperti perdarahan usus, usus bisa berlubang serta akan menimbulkan komplikasi pada sistem peredaran darah, gangguan paru-paru, ginjal, hati dan sistem kesadaran. Penyakit tifus pada umumnya ditandai dengan demam tinggi tanpa disertai batuk maupun pilek yang berlangsung selama satu minggu atau lebih dimana demam tersebut sukar untuk diturunkan meskipun telah diberi obat penurun demam.
http://sehat-ala.blogspot.com/2013/05/penyakit-tifus-dan-gejalanya.html
Penyakit Tifus atau Tipes

Tifus (Thypus Abdominalis) merupakan penyakit yang timbul karena adanya infeksi pada usus halus dan terkadang juga terjadi pada aliran darah yang disebabkan oleh Salmonella Typhil atau Salmonella Parathypi A, B dan C yang mampu menyebabkan keracunan makanan dan septicemia. Pola hidup yang tidak sehat biasanya menjadi faktor utama timbulnya penyakit ini, terutama kebiasaan makan yang tidak sehat akan mempermudah kedua kuman tersebut masuk ke dalam tubuh melalui saluran pencernaan. Kuman akan berkembang biak untuk kemudian menembus dinding usus kemudian menuju limfa yang akan berlanjut ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam, setelah itu akan terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan akan menyebar ke pembuluh darah lagi sehingga menimbulkan beberapa gejala tifus atau tipes pada umumnya.
Adapun gejala-gejala tifus yang sering dijumpai antara lain:
  • Sakit perut, mual dan muntah sebagai akibat terjadinya infeksi pada usus 12 jari.
  • Pola BAB yang berubah menyebaban penderita kadang-kadang mengalami diare atau susah BAB secara tidak menentu
  • Demam tinggi disertai sakit kepala, lemas dan lemah
  • Denyut badi melambat yang disebabkan oleh racun dari kuman tifus yang menginfeksi
  • Lidah bagian tengah berwarna putih dan pinggirnya berwarna merah serta lidah penderita akan mengalami tremor bila dijulurkan

Apabila sudah terlanjur terinfeksi, maka penanganan bagipenderita tifus yang dapat dilakukan antara lain:
  • Bila kondisi penderita tidak parah, maka masih dapat dirawat di rumah dengan tetap memperhatikan kalau mendadak suhu badan turun disertai denyut nadi meninggi dan perut mulas melilit, sebab tujuan dari istirahat total pada penderita tifus atau tipes adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi pada usus.
  • Memberikan makanan yang lunak pada penderita dan jangan memberikan makanan dengan rasa pedas maupun asam.
  • Apabila gejala yang timbul semakin parah maka alangkah lebih baiknya segera dibawa ke dokter atau rumah sakit.

Komentar

  1. Tifus bisa disebabkan karena makanan dan minuman yang kurang bersih. Dokterlia.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…