Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Depresi dan Faktor Penyebabnya

Depresi merupakan sebuah gangguan kejiwaan yang ditandai dengan perasaan sedih yang berlebihan, Depresi dapat mengganggu kehidupan seseorang juga aktifitas yang dia lakukan sehari-hari. Depresi secara umum ditandai dengan adanya perasaan sedih, merasa lelah yang berlebihan walaupun hanya melakukan aktifitas yang wajar, tidak berminat dan bersemangat dalam melakukan sesuatu, susah tidur dan lain sebagainya. 

Depresi merupakan keadaan yang wajar terjadi pada manusia, namun tentu saja ada level-level nya. Depresi ringan bisa saja sembuh dengan sendiri nya yang juga tergantung dengan kekuatan psikologis penderita. Namun depresi yang parah sangat berbahaya apabila tidak ditangani. Bahkan pada berbagai kasus, depresi sering menjadi titik awal terjadinya keinginan seseorang untuk melakukan bunuh diri.
Cara Mencegah Depresi dan Faktor Penyebabnya
Depresi

Penyebab Depresi

Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan depresi pada seseorang yang dapat dijelaskan dengan cara ilmiah karena depresi juga tergolong gangguan kesehatan.Faktor-faktor penyebab depresi tersebut dibagi menjadi dua garis besar yaitu faktor fisik dan faktor psikologis. Berikut ini kami  bahas sedikit mengenai faktor-faktor penyebab depresi tersebut.

Faktor Fisik Penyebab Depresi
  • Faktor Genetik; Faktor Genetika atau turunan ternyata juga berpengaruh terhadap munculnya depresi pada diri seseorang. Faktor gen tersebut bahkan cenderung mempengaruhi depresi berat, bukan semata depresi level ringan.
  • Susunan Otak dan Tubuh Secara Kimiawi; Zat kimia yang ada pada otak dan tubuh manusia memiliki  pengaruh yang penting dalam upaya pengendaian emosi seseorang. Pada saat seseorang mengalami depresi ternyata ditemukan adanya perubahan jumlah zat kimia tersebut dalam tubuh. Salah satu contoh adalah Hormon noradrenalin. Hormon tersebut berperan penting dalam pengendalian emosi seseorang. Seseorang yang memiliki kadar Hormon noradrenalin yang rendah tentu mudah terkena depresi.
  • Faktor Umur; seorang remaja dan orang tua lebih mudah terserang depresi dalam hidupnya, ini dikarenakan pada usia-usia tersebut terjadi perubahan yang cepat dalam diri seseorang, sehingga terkadang mentalitas seseorang akan memikul beban yang berat.
  • Gender; percaya atau tidak, wanita memiliki resiko terkena depresi lebih besar dibandingkan dengan pria dengan perbandingan sekitar 30% berbanding 12,6 %. Hal ini diungkapkan pada data dari World Bank pada (Desjarlis: 2005)
  • Gaya Hidup; gaya hidup yang tak sehat sering memicu depresi pada seseorang. Tingginya tingkat stress dan rasa cemas juga mampu membuat orang lebih mudah berada pada keadaan depresi.
  • Obat-obatan; beberapa obat-obatan juga dipercaya dapat meningkatkan resiko terkena depresi, menurut McKenzie (1999) beberapa obat-obatan tersebut adalah: Tablet antieplipsy, Obat anti tekanan darah tinggi, Obat antimalaria-melfloquine, Obat antiparkinson, Obat kemotrapi, Pil kontrasepsi, Digitalis, Diuretic, Interferon-alfa (hepatitis c), Obat penenang, Terapi steroid
  • Kurangnya Sinar Matahari; intensitas sinar matahari yang kurang disetiap hari seseorang dapat menimbulkan ketakutan dan ketidaksehatan mental. Hal ini juga dapat memicu munculnya depresi
  • Penyakit fisik; tidak semua orang dapat menerima kenyataan ketika dia divonis menderita suatu penyakit, apalagi itu penyakit yang parah. Terkadang keberadaan suatu penyakit dapat memicu penyakit lain pada seseorang, salah satunya depresi.
Faktor Psikologis Penyebab Depresi
  • Kepribadian; ada individu yang lebih rentan terkena depresi karena kepribadian mereka yang lebih sering pesimistis dan mudah cemas terhadap sesuatu. Ada juga seseorang yang memiliki kepribadian optimistis dan selalu berprasangka baik terhadap suatu keadaan.
  • Pola pikir; Seseorang yang sering berfikiran negatif terhadap dirinya sendiri rentan sekali terkena depresi
  • Stres; stress merupakan hal yang sering dijumpai dalam kehidupan, bisa jadi karena kehilangan sesuatu, seseorang, pekerjaan dan sebagainya Stres memicu adanya depresi.
  • Lingkungan; baik itu lingkungan kerja, pergaulan, rumah dan lain sebagainya sangat mempengaruhi keadaan psikologis seseorang. Lingkungan yang kurang sehat dapat lebih membuat sesorang rentan terkena depresi.

Cara Mencegah Depresi

Setelah membahas mengenai pengertian dan penyebab terjadianya Depresi, selanjutnya kita berbicara mengenai cara mencegah depresi ini sendiri. Depresi dapat dicegah dengan berbagai macam cara yaitu sebagai berikut;
  • Istirahat yang cukup; tidur atau istirahat adalah waktu yang dapat merilekskan pikiran dan otot pada tubuh kita. Dengan beristirahat secara teratur maka anda akan terhindar dari depresi.
  • Hindari stres; jangan terlalu memaksakan diri dalam melakukan sesuatu karena justru dapat meningkatkan potensi terkena stress dan mampu menimbulkan depresi. bekerja lah semampu tubuh dan pikiran kita.
  • Hindari penggunaan Alkohol dan Narkoba; penggunaan zat-zat berbahaya seperti alkohol dan narkoba sangat tidak ditolerir jika Anda benar-benar ingin terhindar dari depresi. Alkohol dan narkoba diketahui mampu mempengaruhi syaraf tubuh dan bahkan otak yang membuat kondisi psikologis Anda tidak terkendali.
  • Banyak berolahraga; selain olahraga menghasilkan tubuh yang kuat dan sehat, olahraga juga mampu meningkatkan rasa bahagia kita, Secara tak langsung psikologis seseorang akan terhibur ketika dia melakukan olahraga. Apalagi olahraga yang berupa permainan seperti basket, voli, sepakbola dan lain sebagainya. Hal ini akan mengurangi stres dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengkonsumsi makanan sehat secara teratur; makanan tidak hanya memberikan nutrisi ke dalam tubuh, namun juga menjaga tubuh dari stress. Tentunya makanan yang dimaksud adalah makanan-makanan yang bergizi dan baik untuk kesehatan.
Demikian lah artikel kali ini mengenai Cara Mencegah Depresi dan Faktor Penyebabnya semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar

  1. mantapp!!!
    nice infoo...
    thanks...

    salam,

    Usaha Ini

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul "Cara Mencegah Depresi dan Faktor Penyebabnya ".
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Majalah Ilmiah Psikologi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…