Langsung ke konten utama

Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Sinusitis

Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit SinusitisPengertian Penyakit sinusitis
Sebenarnya apa itu penyakit sinusitis ? Penyakit sinusitis secara harfiah berasal dari bahasa latin yang memiliki makna peradangan. Sehingga Penyakit sinusitis diartikan sebagai penyakit peradangan yang terjadi di daerah hidung atau paranasal.

Penyakit sinusitis dalam dunia klinis digolongkan menjadi tiga kategori yang terdiri dari: Sinusitis akut, Sinusitis sub-akut dan Sinusitis kronis.Sementara itu berdasarkan penyebabnya, Penyakit sinusitis dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut ini:
  • Rhinogenik, yaitu penyakit sinusitis yang diakibatkan oleh penyumbatan pada hidung.
  • Dentogenik atau odontogenik yang diakibatkan oleh kelainan pada gigi geraham atas yang terinfeksi dan mengakibatkan penyakit sinusitis
  • Penyebab Penyakit Sinusitis
Penyebab Penyakit sinusitis
Penyakit sinusitis pada umumnya diakibatkan oleh gangguan yang terjadi pada aliran udara dari dan ke rongga sinus juga pengeluaran cairan mukus. Kondisi tersebut biasanya terjadi akibat flu, alergi, demam dan juga zat iritan yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada libang drainase yang menyumbat saluran. Selain itu, tumor, trauma dan merokok dalam jumlah banyak seringkali juga menjadi penyebab Penyakit sinusitis ini karena mengakibatkan bertumpuknya cairan mukus dan bercampur yang memancing virus, bakteri dan jamur  untuk datang.

Lima jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyakit sinusitis adalah sebagai berikut:
  • Streptococcus pneumoniae
  • Haemophilus influenzae
  • Staphylococcus aureus
  • Moraxella catarrhalis
  • Streptococcus pyogenes 

Gejala Sinusitis 
Penderita penyakit sinusitis secara umum mengalami gejala-gejala sebagai berikut: 
  • Nyeri pada daerah wajah, sakit kepala dan demam. 
  • Demam 
  • Wajah pucatIngus yang mengalami perubahan warna
  • Hidung tersumbat
  • Rasa nyeri saat menelan dan batuk
  • Jika kepalanya ditundukkan ke depan maka akan terasa sakit
  • Gatal pada mata dan sering bersin-bersin.
Cara Mengobati Sinusitis
Penyakit sinusitis yang disebabkan oleh virus dapat diobati tanpa menggunakan obat antibiotika. Akan tetapi dapat menggunakan parasetamol dan dekongestan sebagai upaya menghilangkan rasa nyeri.Sementara pada penderita Penyakit sinusitis akibat dari bakteri, maka digunakan obat antibiotika untuk menyembuhkannya dan perlu dipastikan obat antibiotik tersebut dapat menumpas kelima bakteri yang telah disebutkan diatas. 
 
Penyakit sinusitis dapat menjadi lebih serius apabila tidak diobati dengan cepat, parahnya penyakit ini bisa menjalar ke otak yang dapat juga mengakibatkan kematian pada penderitanya, untuk itu jika Anda menjumpai gejala-gejala Penyakit sinusitis seperti yang telah disebutkan diatas, segera periksakan pada dokter agar dapat segera ditangani secara intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Sinusitis, banyak kekurangan dan kesalahan kami mohon maaf.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…