Langsung ke konten utama

10 Obat Pusing Tradisional Warisan Nenek Moyang

SEHATKAN.COM - Banyak obat sakit kepala yang tersedia di warung-warung terdekat ataupun apotek, namun biasanya obat-obatan ini memiliki kandungan yang sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Kebanyakan dari Anda mungkin lebih memilih menghentikan aktivitas dan beristirahat. Tetapi dengan cara ini dirasa kurang ampuh untuk mencegah rasa pusing datang kembali.


10 Obat Pusing Tradisional Warisan Nenek Moyang
Sebenarnya, ada berbagai macam obat tradisional yang dapat Anda konsumsi tanpa harus meminum obat-obatan kimia. Di bawah ini ramuan obat pusing tradisional yang bisa Anda coba.

1. Jeruk Nipis


· Setengah lembar daun jeruk nipis

· Satu buah jeruk nipis

Tumbuklah setengah lembar daun jeruk nipis tersebut sampai halus. Kemudian masukkan ke dalam sebuah wadah. Campur dengan menggunakan perasan jeruk nipis aduk hingga rata. Cara menggunakan obat pusing tradisional ini dengan diusapkan pada bagian bahu, tengkuk dan pelipis.

2. Kangkung

· Setengah genggam batang dan daun kangkung

Cucilah kangkung sampai bersih, lebih baik jika Anda menggunakan air yang mengalir. Setelah itu tiriskan. Gunakan batang serta daun kangkung ini sebagai lalapan sehari 3 kali pada waktu makan.

3. Kacang Hijau

· Segelas kacang hijau

· Air tiga gelas

Cara membuat obat pusing tradisional ini denganmencuci bersih kacang hijau. Rebus hingga mendidih. Kemudian Anda dapat mengkonsumsi air rebusan ini selagi hangat.

4. Madu, teh dan jeruk

· Satu sendok makan madu

· ¾ gelas teh kental

· ½ sendok teh air jeruk nipis

Campur semua bahan tersebut hingga rata, minumlah 2-3 kali dalam sehari.

5. Bangle

· 1 rimpang bangle

· Air secukupnya

Bangle dicuci sampai bersih kemudian parut. Campurkan dengan menggunakan air secukupnya sehingga tampak seperti bubur. Tempelkan pada dahi.

6. Daun Kencur

· 2-3 lembar daun kencur

Tumbuk halus daun kencur tersebut dan usapkan pada dahi.

7. Umbi Bawang Putih

· Umbi bawang putih secukupnya

Cara membuat obat pusing tradisional ini sangatlah mudah, Anda hanya tinggal menumbuknya sampai halus kemudian digunakan untuk mengkompres dahi.

8. Daun Gandarusa dan Lada

· Daun gandarusa segar

· Butir lada

· Air secukupnya

Tumbuk sampai halus daun gandarusa dan juga lada. Usapkan pada pelipis dahi, lebih baik lagi jika dibalut dengan menggunakan kain basah. Pengobatan ini dapat diulang 3 jam sekali.

9. Daun Halia

· 2-3 lembar daun halia

· Air secukupnya

Cuci bersih daun halia kemudian tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air dan oleskan pada bagian dahi.

10. Melati

· Satu genggam daun melati muda

· 10 buah bunga melati

Cara memanfaatkan obat pusing tradisional yang terakhir yaitu cuci bersih daun dan bunga melati, tumbuk atau diremas-rema sampai halus, tambahkan sedikit air kemudian aduk rata. Usapkan pada kening dan dada.

Apabila Anda sudah menggunakan berbagai macam obat pusing tradisional di atas dan masih saja merasa pusing, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena ditakutkan rasa pusing tersebut adalah salah satu tanda penyakit kronis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…