Langsung ke konten utama

Berbagai Macam Tanaman Obat Beserta Manfaat dan Khasiatnya

Tanaman Obat

Pengertian Tanaman obat
Tanaman obat merupakan tanaman yang mempunyai fungsi, manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan dan mencegah berbagai macam penyakit. Biasa nya tanaman obat memiliki kandungan zat atau senyawa yang bermanfaat bagi tubuh manusia dan telah terbukti mampu mengobati berbagai penyakit. Tanaman obat sangat cocok ditanam di sekitar rumah karena bisa menjadi solusi dan alternatif pertama ketika kita maupun keluarga kita terkena penyakit tertentu.

Pemanfaatan tanaman obat bermacam-macam, ada yang dimasak, ada yang dimakan, diseduh dan diminum, dioleskan dan lain sebagainya. Jenis dan macam dari tanaman obat juga beragam sekali yang mana nanti akan kita bahas satu-persatu di bagian bawah artikel ini. 

Tanaman obat dapat digunakan sebagai obat yang alami baik tanaman yang sengaja kita tanam ataupun yang tumbuh secara liar. Tanaman obat biasanya menjadi alternatif apabila diracik dengan tepat dan dijadikan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman Obat Keluarga
Tanaman obat keluarga bisa disebut juga Toga adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat tradisional dan dapat dibudidayakan dengan mudah di sekitaran rumah. Dengan cara-cara tertentu tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal atau tradisional.
Penggunaan Tanaman Obat sendiri sudah dipraktekkan sejak waktu yang lama, bahkan dipercaya sejak peradaban Mesir kuno yakni 2500 tahun sebelum masehi, masyarakat disana sudah menggunakan tanaman obat tradisional ini.

Macam Tanaman Obat
Belum semua kandungan pada tanaman yang ada di dunia ini diketahui manusia, padahal Tuhan tentu menciptakan tanaman apapun pasti ada manfaat di dalamnya. Meski belum semuanya diketahui, namun ada sekitaran 2500 tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisonal atau obat herbal yang memiliki resiko sangat kecil bagi konsumennya.

Berikut ini kami tampilkan beberapa macam tanaman obat yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar tempat tinggal kita. Atau bahkan bisa kita tanam sendiri di sekitar rumah kita supaya dapat bermanfaat untuk menyembuhkan maupun mencegah berbagai penyakit yang mungkin menyerang kita.

1. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh disebut juga dengan belimbing sayur. Buah ini tidak memiliki rupa sebagaimana belimbing pada umumnya. Belimbing wuluh memiliki bentuk yang cenderung lebih bulat. Belimbing yang satu ini memiliki rasa asam yang sangat kuat dan biasa digunakan sebagai sayuran pelengkap masakan. 

Belimbing wuluh ternyata juga dapat berfungsi sebagai tanaman obat tradisional atau obat herbal. Belimbing ini dapat menyembuhkan gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi. Belimbing wuluh juga dapat dimanfaatkan mulai daun, batang hingga buahnya.

2. Temu Lawak
Sudah menjadi rahasia umum bahwa temulawak sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Temulawak sejatinya adalah tanaman obat asli yang berasal dari Indonesia. Temulawak memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Bagian akarnya yang sering dimanfaatkan terbukti mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Khasiat dan manfaat temulawak antara lain utk mengobati gangguan pada ginjal, menyehatkan jantung, menyehatkan hati dan memperlancar pencernaan. Temulawak juga dapat meningkatkan nafsu makan serta dapat menambah sel darah merah bagi penderita anemia.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya bukan hanya bermanfaat sebagai bahan tradisional kecantikan saja, namun diketahui juga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dan lain sebagainya. Maka sangat penting untuk menanam tanaman obat yang satu ini di sekitar rumah anda.

4. Tanaman Obat Kumis Kucing
Meskipun namanya luvu, namun tanaman ini memiliki segudang manfaat. Kumis kucing merupakan tanaman asli Indonesia yang bernama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini dapat digunakan sebagai obat tradisional ramuan herbal yang bermanfaat sekali bagi kesehatan.

Kumis kucing bisa bermanfaat sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan kencing batu. Tanaman ini akan meluruhkan kencing batu sehingga bisa melancarkan saluran kemih. Selain itu tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.

5. Tanaman Keji Beling
Tanaman keji beling sangat terkenal di kalangan ahli herbal. Tanaman yang bayak tumbuhh di pekarangan rumah ini memiliki beragam manfaat, apalagi bagian-bagian tanaman ini hampir semua bisa dimanfaatkan. Daun keji beling banyak mengandung zat penting seperti fosfor, natrium, kalsium dan kalium. Bagian akarnya banyak mengandung polifenol dan flavonoid sedangkan bagian batang mengandung saponin dan tanin.

Manfaat tanaman keji beling bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, diare, menurunkan kolestrol, liver, maag, dan mengobati kencing manis. Salah satu keuntungan mengetahui tanaman obat dan khasiatnya akan mempermudah Anda dalam memilih obat dari penyakit yang diderita.

6. Daun Jarak
Daun jarak sejak dahulu kala sudah digunakan sebagai obat herbal. Tidak heran bila tanaman ini dimasukan dalam jenis tanaman apotik hidup. Daun, buah, bahkan biji jarak dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Tidak heran dahulu para penjajah berebut tanaman ini untuk dibawa ke negara meraka.

Daun jarak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, rematik, dan bengkak karena luka. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati perut kembung pada anak. Sungguh luar biasa tanaman obat dan khasiatnya bisa dijadikan obat alternatif.

7. Daun Beluntas
Tanaman obat yang satu ini memang sudah dikenal oleh banyak orang, tetapi hanya sedikit yang mengetahui manfaat dari tanaman beluntas. Sifat tanaman yang mempunyai banyak cabang dan daun ini sering dijadikan sebagai pagar taman yang indah.

Daun beluntas ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan, pegel linu, menghilangkan bau mulut, mengobati keputihan, mengobati rematik, perut kembung, dan mengilangkan nyeri pinggang. Hem,, banyak juga ya manfaat tanaman satu ini.

8. Tanaman Sambiloto
Sambiloto merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan sejak dulu untuk mengobati berbegai penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Green chiretta berasal dari negara India dan Srilangka. Saat ini tanaman ini tumbuh subur di berbagai daerah tropis seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara di Benua Amerika.

Daun sambiloto bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan panas badan, memperlancar air seni, obat sakit perut, dan untuk mengobati kencing manis. Dalam sebuah penelitian air hasil rebusan daun sambiloto bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid.

9. Tanaman Obat Daun Dewa
Pernahkah Anda mendengar tanaman daun dewa? Bukan daun khusus untu dewa ya, tapi daun dewa adalah salah satu tanaman apotik hidup yang banyak digunakan untuk obat herbal. Jenis tanaman ini biasanya tumbuh subur pada daerah yang memiliki ketinggian 200-800 di atas permukaan laut. Masyarakat di Jawa menamai tanaman ini dengan sebutan daun sabung nyowo (daun penyambung nyawa).
Daun sambung nyowo, yups seperti nama yang diberikan tanaman ini memang memiliki beragam manfaat salah satunya mengobati penyakit kronis. Jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun ini adalah kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes militus, dan pendarahan. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka memar, pembersih racun, serta berbagai manfaat lainnya.

10. Daun Cincau atau Cao
Daftar tanaman obat dan khasiatnya yang terakhir adalah daun cincau. Tentu Anda sudah tidak asing dengan tanaman ini bukan? Ya, tanaman yang sering diolah menjadi cendol ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun cincau pada umunya ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat.
Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types. Sungguh luar biasanya bukan? Mungkin inilah tanaman obat yang memiliki rasa yang lezat, hehehe.

11. Tanaman Obat Ajeran
Mungkin Anda tidak terlalu asing dengan tanaman obat ini, karena memang tanaman mudah ditemukan. Tapi mungkin Anda juga tidak akan menyangka bahwa tanaman ajeran bisa digunakan sebagai obat. Ya, hal itu karena tanaman ini awalnya merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di sekitar kebun dan pagar.

Manfaat dari daun ajeran adalah untuk menurunkan demam dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Selain itu bisa juga digunakan untuk mencuci mata, caranya dengan merebusnya kemudian tunggu sampai air rebusan dingin baru digunakan untuk mencuci mata.

12. Tanaman Akar Wangi
Tanaman obat yang satu ini sudah terbukti bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Nama akar wangi diberikan karena akar tanaman ini biasa digunakan sebagai sumber wangi-wangian. Aroma wangi tersebut didapatkan dari zat atsiri yang terkandung di dalam akar tanaman ini.

Selain akarnya bagian batang dan daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan vetiveron, asam vetivena, vetiverol, dan vetiverol ester yang ada di dalam tanaman ini sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah untuk mengobati rematik, pegel linu, batu ginjal, panas demam, serta bisa digunakan untuk mengobati bau mulut dan bau badan.

13. Akar Manis
Masih dari jenis tanaman akar, tanaman obat ini juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Akar manis memiliki nama latin Glycyrrhiza Glabra L sudah banyak digunakan oleh masyarakat zaman dahulu untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

14. Buah Alpukat
Alpukat sangat kaya manfaat, selain untuk kecantikan dan diet, ternyata alpukat juga bermanfaat sebagai tanaman obat yang menyembuhkan berbagai penyakit. seoerti diabetes, enyakit kanker, menurunkan kolestrol, jantung, magh kronis, serta menjaga kondisi tubuh.

15. Daun Adas
Daun Adas sangat banyak dijumpai di daerah Jawa, khususnya masyarakat jogja. Tanaman adas ini biasa ditanam di belakang rumah masyarakat jogja semenjak dulu kala. Tanaman Adas digunakan sebagai Tanaman Obat keluarga yang dinilai ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain sebagai tanaman obat, daun adas juga sering digunakan sebagai rempah untuk bumbu masakan. Daun adas mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin E, Anisaldehida dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaatnya untuk kesehatan bisa digunakan untuk mengobati anemia, mengatasi sembelit,mengobati sakit jantung, mencegah kanker, mengobati diare, melancarkan haid, mengobati sakit mata, obat sesak nafas dan lain sebaginya.

Selain tanaman obat yang kami uraikan diatas tentunya masih ada ratusan tanaman obat lain yang belum dapat kami sebutkan satu per-satu. Namun anda bisa mencari info sendiri terkait dengan tanaman obat yangin atau dapat membaca artikel artikel kami sebelumnya terkait obat tradisional dan manfaat tanaman
.
Setelah menyimak uraian diatas, ternyata tanaman memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang tidak ternilai harganya. Sehingga tanaman obat tersebut harus dilestarikan dengan baik. Kita dapat menanam tanaman-tanaman obat tersebut di sekitar pekarangan rumah kita sehingga akan sangat menguntungkan apabila anggota keluarga kita membutuhkannya. 

Terkadang tanaman obat juga akan sangat dicari oleh orang yang membutuhkannya. Jika kita turut membudidayakan tanaman obat, maka kita akan banyak membantu orang yang membutuhkan tanaman tersebut. Kita juga bisa menjual beberapa jenis dari tanaman obat untuk mendapatkan keuntungan ekonomis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…