Langsung ke konten utama

Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Untuk Program Diet Anda

SEHATKAN.COM - Agar mendapatkan hidup yang sehat dan berkualitas sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat contohnya dengan mengatur pola makan sehari-hari berdasarkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Pola makan yang baik dimaksudkan agar terhindar dari berbagai macam penyakit seperti obesitas, kencing manis, kolesterol tinggi dan lain sebagainya.

Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Untuk Program Diet Anda
Apalagi bagi Anda yang sedang mengalami obesitas, tentunya Anda akan berusaha untuk menurunkan berat badan agar terhindar dari berbagai macam komplikasi serta agar terlihat lebih menarik. Berbagai cara mengatur pola makan pun akan Anda jalani, meskipun ada beberapa cara yang dirasa kurang tepat. Berikut ini cara mengatur pola makan yang baik dan sehat untuk menurunkan berat badan Anda.

1. Sarapan Pagi

Untuk memulai hari Anda, Anda bisa mengkonsumsi keju ataupun kuning telur dengan sedikit campuran omelet. Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran seperti brokoli, jamur dan sawi. Cara mengatur pola makan yang satu ini sangat baik untuk dilakukan karena sayuran memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan sangat cocok untuk membantu program diet Anda. Kandungan serat yang ada di dalamnya diyakini mampu memperlancar sistem pencernaan dan mendorong keluar lemak jahat yang ada di dalam tubuh Anda.

2. Makan Siang

Anda dapat mengganti makan siang Anda yang notabenya adalah makanan berat dengan makanan yang tinggi serat dan rendah kolesterol. Anda bisa mengganti nasi putih yang biasa Anda santap ketika makan siang dengan kacang-kacangan yang rendah kolesterol atau juga bisa menggunakan beras merah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tambahkan beberapa jenis sayuran dalam menu makan siang Anda dan jika Anda ingin mengkonsumsi daging, maka konsumsilah daging yang dimasak dengan cara dipanggang bukan digoreng. Cara mengatur pola makan siang Anda seperti ini dirasa ampuh untuk mensukseskan program diet Anda.

3. Makan Malam

Ketika malam hari, Anda tidak boleh mengkonsumsi berbagai jenis makanan berat. Jika Anda melanggarnya, tentu saja usaha diet Anda akan sia-sia dan mungkin berat badan Anda malah naik. Karena pada malam hari, Aktivitas yang dilakukan sedikit sekali sehingga hanya akan terjadi sedikit proses pembakaran lemak. Untuk itu, agar Anda tidak merasakan kelaparan yang menyiksa pada malam hari, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan dan banyak minum air putih.

Itulah cara mengatur pola makan untuk menurunkan berat badan Anda menjadi normal. Program diet Anda akan berhasil apabila Anda dapat melakukannya dengan konsisten dan serius. Perbanyaklah konsumsi air putih, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari dan usahakan untuk mengkonsumsi sayuran tinggi serat.

Namun harus diingat, bahwa ketika Anda ingin mengkonsumsi sayuran, konsumsilah dengan cara direbus bukan ditumis serta perbanyaklah makan buah-buahan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Negatif Perokok Aktif dan Pasif

Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil tembakau di dunia. Tembakau Indonesia memiliki kualitas paling baik di dunia. Tak heran di Indonesia sendiri banyak terdapat pabrik-pabrik rokok hampir di setiap wilayah. Banyaknya pabrik rokok yang ada tentu akan memberikan sumbangan devisa Negara dalam jumlah yang tidak sedikit dari cukai yang dikenakan pada tembakau. Akan tetapi, tahukah anda meskipun memberi sumbangan devisa dalam jumlah banyak rokok ternyata juga memberikan dampak negatif yang sangat merugikan baik bagi perokok itu sendiri maupun orang lain di sekitarnya.
Dampak negatif rokok pada umumnya seperti merusak sistem kardiovaskular, meningkatkan denyut jantung, menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan resiko terkena sroke, merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah ke jantung dan mengurangi jumlah oksigen yang masuk ked ala tubuh. Perlu anda ketahui bahwa merokok tidak hanya membahayakan bagi mereka yang merokok saja, akan tetapi juga membahayakan …

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan Pencegahannya

Definisi Penyakit Jantung, Jenis, Gejala dan PencegahannyaDefinisi penyakit jantungDefinisi penyakit jantung ialah suatu keadaan dimana jantung tidak bisa bertugas dengan baik. Seperti kita ketahui bahwa tugas dari jantung adalah memompa darah dalam tubuh, sehingga jantung merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh manusia. Beberapa hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan Jantung tidak dapat menjalankan tugas nya dengan baik atau sering kita sebut denga penyakit jantung Antara lain seperti Otot jantung lemah yang merupakan bawaan lahir yang terjadi karena terdapatnya celah diantara serambi kanan dan kiri, sehingga pembentukan lapisan yang memisahkan antara kedua serambi tersebut saat penderita masih ada didalam kandungan menjadi terganggu. Kondisi tersebut memungkinkan bercampurnya antara darah bersih dan darah kotor dalam tubuh. Untuk mengetahui definisi penyakit jantung secara lengkap, simak artikel tentang penyakit jantung di bawah ini sampai selesai.

Penyakit Jantung merupakan …

Penyakit Meningitis, Gejala, Penyebab dan Cara Penyembuhan nya

Penyakit Meningitis merupakan sebuah penyakit yang masih belum begitu familiar di telinga kita, Saya sendiri baru pertama kali mendengar penyakit ini ketika ada berita tentang pemain sepakbola yang waktu itu membela klub liga inggris Chelsea FC yaitu Danniel Stturridge yang pernah menderita penyakit meningitis ini. Namun ajaibnya dia dapat segera pulih dari penyakit meningitis tersebut dan bahkan tetap dapat menjalani hidupnya sebagai pesepakbola seperti biasanya.

Beberapa waktu yang lalu komedian dan artis Indonesia Olga Syahputra juga meninggal dunia akibat virus penyakit meningitis ini. Bahkan penderita penyakit meningitis setiap tahunnya terus bertambah. Hal itu menunjukkan betapa berbahayanya penyakit meningitis sehingga harus diwaspadai.

Penyakit meningitis merupakan penyakit yang terjadi akibat adanya infeksi meninges atau yang dikenal dengan selaput yang melindungi sistem syaraf pusat pada tubuh manusia. Infeksi tersebut bisa terjadi karena adanya peradangan yang disebabkan kar…