7 penyebab rambut rontok yang parah.

Penyebab rambut rontok -Banyak orang yang galau dengan masalah rambut rontok. Semakin menipisnya volume rambut memang menjadi momok yang menyeramkan bagi sebagian orang apalagi wanita. Sebagai mahkota tubuh, rambut memiliki peran yang sangat penting dalam mempercantik dan memperindah tampilan fisik kita.

Masalah-masalah pada rambut sering kali muncul dan mengganggu kita. Seperti kutu rambut, ketombe dan juga rambut rontok.

Mengapa rambut kita bisa rontok?

Kerontokan pada rambut adalah terlepasnya batang rambut dari akarnya. Penurunan jumlah rambut pada kulit kepala ini sebenarnya normal jika kerontokan tidak lebih dari 100 helai.

Lalu bagaimana jika kerontokan rambut semakin parah? Sebenarnya sih apa penyebab rambut rontok? Penyebab kerontokan bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah penyebab- penyebab kerontokan rambut :

1. Meningkatnya tingkat hormon DHT

 

penyebab rambut rontok

Hormon yang menyebabkan kerontokaan pada rambut. Hormon ini bisa meningkat dan menyebabkan kerontokan yang parah pada rambut.

Hormon ini dapat diproduksi sebagai akibat tingginya kadar hormon progesteron, estrogen, atau testosteron di dalam tubuh.

Hormon DTH ini akan membuat sel folikel rambut menjadi menyusut, sehingga rambut menjadi sangat mudah rontok.

2. Stress

penyebab rambut rontok

Stress dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Apakah kamu sering stress? Pasalnya stress menyebabkan sirkulasi darah menjadi terhambat sehingga sirkulasi darah yang mengalir ke kepala tidak dapat berjalan sesuai dengan keadaan biasanya.

Terganggunya sirkulasi  darah ke kepala menyebabkan oksigen dan nutrisi tidak dapat masuk ke sel folikel sehingga pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat.

3. Pengaruh bahan kimia

penyebab rambut rontok

Jika kamu sering datang kesalon pasti banyak sekali obat rambut yang di aplikasikan ke rambut anda. Nah obat rambut yang biasa dipakaikan ke rambut kamu ini mengandung bahan kimia yang dapat mempengaruhi kekuatan rambutmu, sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

Sehingga untuk kamu yang mengalami rambut rontok, agar rontokmu tidak semakin parah maka kamu perlu menghindari penggunaan bahan kimia ke rambutmu.

4. Kekurangan gizi

penyebab rambut rontok

Gizi yang seimbang akan menghasilkan tubuh yang sehat. Begitupun juga untuk gizi yang diperlukan rambut. Sel folikel pada rambut membutuhkan nutrisi yang cukup agar pertumbuhan pada rambut  berjalan sesuai fungsinya.

Nutrisi yang cukup di dapatkan dengan makanan yang bergizi. Jadi untuk kamu yang mengalami kerontokan rambut, coba kamu ingat apakah nutrisi tubuhmu cukup? Jika tidak maka kamu perlu  menambah makanan-makanan yang mengandung banyak gizi untuk merawat rambutmu.

5. Persalinan

penyebab rambut rontok

Bagi sebagian wanita proses persalinan mengakibatkan banyak  kondisi yang tidak menyenangkan seperti timbulnya stretch mark dan juga kerontokan rambut dapat terjadi setelah persalinan.

6.  Proses kemoterapi

kemoterapi

Pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi biasanya akan terjadi kerontokan pada rambut. Hal ini diakibatkan oleh obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi yang membunuh semua sel di dalam tubuh termasuk sel folikel.  Seperti yang kita ketahui bahawa Sel folikel adalah sel yang berfungsi dalam pertumbuhan rambut.

Sehingga orang-orang yang menjalani proses kemoterapi akan mengalami kerontokan rambut.

7. Faktor Keturunan

penyebab rambut rontok

Faktor genetik adalah penyebab yang sering ditemui oleh beberapa orang yang mengalami kerontokan rambut. Jika biasanya kerontokan rambut akan segera tergantikan dengan tumbuhnya rambut baru. Namun biasanya yang memiliki faktor keturunan rambut rontok pengganti rambut yang baru memiliki ukuran berbeda cenderung lebih tipis

.baca juga : 8 Cara Membuat Anak

Adakah cara untuk mengatasi rambut rontok. ?

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan rambut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi kerontokan rambut :

Menggunakan lidah buaya

 

lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat efektif dalam merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan dari lidah buaya dapat menyehatkan dan menguatkan rambut kita sehingga masalah kerontokan rambut dapat diatasi.

Lidah buaya dapat diaplikasikan langsung pada rambut dan kulit kepala. Tetapi kupaslah kulitnya terlebih dahulu.

Kemudian usapkan lendir dari lidah buaya tersebut ke kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Penggunaan lidah buaya ini bisa anda lakukan selama dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Minyak kemiri

minyak kemiri

Kamu pasti sering melihat bayi di oleskan minyak kemiri di kepalanya?  Hal ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan rambut pada bayi.

Lalu apakah minyak kemiri dapat digunakan untuk orang dewasa?

Jawabannya tentu bisa, kandungan dalam kemiri memiki fungsi yang sama untuk menghitamkan, menebalkan dan menumbuhkan rambut pada orang dewasa. Sehingga cara ini sangat banyak yang menggunakan karena lebih praktis.

Pemakaian minyak kemiri dapat dilakukan dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala dan pangkal hingga ujung rambut. Pengaplikasian minyak kemiri di oleskan sebelum kamu keramas.

Tinggalkan komentar